Rabu, 11 Februari 2009

“ Surga dan Kenikmatannya ”

“ Surga dan Kenikmatannya ”

Oleh: Abu Hanifah Muhammad Faishal al-Bantani al-Jawy.

Assallamu’alaikum Warohmatullahi wa Barokatuh

Surga ialah tempat hunian abadi orang-orang yang beriman dan beramal shalih yang didalamnya terdapat berbagai macam kenikamatan yang luar biasa yang belum pernah dilihat di dunia, belum pernah didengar oleh telinga dan belum pernah dibayangkan oleh hati manusia. Mereka kan tinggal di istana-istana yang indah dan mereka kekal abadi di dalamnya. Itu ialah balasan Alloh atas amal-amal shaleh yang pernah mereka kerjakan di dunia.

A. Tanahnya.

Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam bersabda: “Aku pernah masuk ke surga. Disana aku melihat cahaya dan tanahnya dari kasturi”.

(H.R. Bukhari & Muslim dengan sanad Shahih).

B. Sungai-sungainya.

Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa: didalamya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya,sungai-sungai dari susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khomr (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring;……..(Q.S. 47:15).

C. Buah-buahan tidak mengenal musim dan dapat dipetik dari dekat.

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa ialah (seperti taman),, mengalir sungai-sungai didalamnya; buahnya tak henti-henti dan naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang yang kafir ialah neraka”. (Q.S.13:35).

D. Peralatan makan dan minum.

Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak, dan piala-piala yang bening laksana kaca, (yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. (Q.S. 76:15-16).

E. Pakaian dan perhiasan.

(Bagi mereka) surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya, didalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera. (Q.S. 35:33).

F. Pembaringan mereka.

Di dalamnya ada pembaringan-pembaringan yang ditinggikan, gelas-gelas yang terletak (didekatnya), bantal-bantal sandaran yang tersusun, dan permadani-permadani yng terhampar. (Q.S. 88:13-16).

G. Bidadari.

Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, laksana mutiara yang tersimpan baik. (Q.S. 56: 22-23).

H. Memandang wajah Alloh Tabarokta wa Ta’ala.

Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam bersabda: jika ahli surga telah masuk ke surga, maka Alloh berfirman: Apakah kalian suka aku tambahkan? Jawab mereka: bukankah telah Kau putihkan wajah-wajah kami, bukankah telah Kau masukkan kami ke dalam surga, bukankah telah Kau selamatkan kami dari neraka?. Maka Alloh Tabarokta wa Ta’ala pun membuka tirai hijab-Nya, hingga wajahnya terlihat oleh mereka. Maka tidak ada sesuatu yang lebih mereka sukai daripada memandang ke wajah Alloh Tabarokta wa Ta’ala. (H.R. Imam Muslim dengan Sanad Shahih).

Penghuni jannah (surga) kekal didalamnya, tidak pernah sakit dan tidak akan mati tidak beranjak usia mereka dari 33 tahun. Keringat mereka harum bak kesturi: tidak ada kesusahan sedikit pun juga. Mendapat kekuatan 100 orang dalam bersetubuh. Istri-istri merek selalu gadis. Wanita dunia yang masuk surga lebih cantik dari bidadari. Sangat cinta hanya kepada suaminya saja. Hati dan matanya tidak menoleh kepada laki-laki lain. Penghuni jannah tidak ngantuk, tidak tidur, tidak berkotoran apapun dan tidak bersedih sedikitpun. Kenikmatan jannah tiada taranya,………..

Wahai kaum muslimin ingatlah bahwa jalan menuju ke surga itu penuh onak dan duri. Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa Sallam bersabda: “ Neraka dikelilingi oleh syahwat (hawa nafsu) serta Dosa dan maksiat sedangkan surga dikelilingi oleh kesulitan-kesulitan. (H.R. Imam Muslim dengan Sanad Shahih). Karena itu bersabarlah dalam meniti Syirathal Mustaqiem (jalan yang lurus), yang akan mengantarmu kesurgaNya yang kekal abadi. Sabarlah dalam menjalankan perintahNya serta menjauhi apa yang dilarangNya dan menerima QodarNya. Sekian, Barokalloh’ Fiikum…….

Mohon artikel agama ini diperbanyak…….?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar