Rabu, 11 Februari 2009

“Sekilas Biografi Al-Imam Syaikh Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah Rahimahullah Ta’ala”

“Sekilas Biografi Al-Imam Syaikh Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah Rahimahullah Ta’ala”

Oleh: Abu Hanifah Muhammad Faishal alBantani al-Jawy

Muraja’ah: Abu Yahya Marwan Hadid bin Musa

(Guru Tahfidz SDIT. Salsabila, Bekasi)

Nama lengkap beliau ialah Muhammad bin Abi Bakar bin Ayyub bin Sa’ad Az-Zar’i Ad-Dimasyqi Abu Abdillah Syamsuddin Ibnul Qayyim Al-Jauziyah.Tanggal Lahir beliau: 7 Shafar 671 Hijriah di lahirkan di Desa Zar’i, salah satu desa di wilayah Hauran serta Domisili beliau di Damaskus.

Guru-guru beliau: Al-Imam Asy-Syihab An-Nablisi, Al-Qadhi Taqiyuddin bin Sulaiman, Abu Bakar bin Abdurrahman dan yang paling populer ialah Syaikhul Islam Ibnul Taimiyyah Rahimahullah Ta’ala.

Komentar para Ulama tentang beliau:

Al-Hafidz Ibnul Rajab berkata: “ Beliau adalah seorang Ulama yang menguasai Ilmu Tafsir yang tiada duanya, menguasai Ushuluddin sampai puncaknya, menguasai ilmu Hadits, baik makna maupun Fiqihnya,terhadap Sastra Arab, panjang jangkauan tangannya. Syaikh Burhanuddin Az-Zar’i berkata: “Tidak ada seorangpun di bawah kolong langit ini yang memiliki Ilmu seluas beliau”. Al-Hafidz Syaikh Ibnul Hajar Al-Asqalani berkata: “Beliau adalah seorang Pemberani, luas Ilmunya, mengetahui seluk beluk perselisihan Ulama dan Manhaj (Pemahaman) serta Madzhab (Metodelogi) para Shahabat, Tabi’in, Tabi’ut Tabi’in” yang di jamin masuk Jannah (Surga).

Karangan-karangan Kitab/Buku beliau yang paling popular ialah: Zaadul Ma’ad, Ash-Shawaaiq Al-Mursalah, I’laamul Muwaqqi’in, Madaarijus Salikin, Al-Wabil Ash-Shayyib dan masih banyak lagi karya beliau yang lainnya.

Murid-murid beliau: 1. Imam Ibnul Rajab Al-Hambali, seorang Imam penulis Kitab Jami’ Al-Ulum serta masih banyak lagi. 2. Syaikh Ibnul Katsir, salah seorang ulama penulis Kitab Tafsir, dan Kitab Bidayah Wan Nihayyah serta masih banyak hasil karya Syaikh Ibnul Katsir.

Wafat beliau: Beliau Wafat pada malam Kamis Rajab tahun 701 di Damaskus.

Lebih Jelas silakkan anda Baca, Hapalkan, Amalkan Mukaddimah serta Isinya dari Kitab Zaadul Ma’ad yang di tahqiq oleh: Syaikh Syu’aib Al- Arnaauth. Juga baca Kitab Tazkiah An-Nafs oleh: Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah. Yang sudah di Ahli bahasakan oleh Penerbit: Pustaka At-Tibyan, Solo.

Pesan :

“Ilmu Dienul Islam Ialah segala-galanya yang membawa kita ke Jannah (Surga) yang Suci (bersih). Serta teruslah membaca, menulis, menghapal, mengamalkan ajaran Islam yang Mulia ini juga rajinlah Ibadah, Belajar dan terus berjuang demi Syari’at Alloh Azza Wa Jalla (Al-Qur’an-Nya) serta Rasul/Nabi (Sunnah/Hadistnya)”.

Masjid Muhajirin Perumnas 2, Bekasi, 20 Rajab 1425 Hijriah.

Di sebarluaskan oleh:

Markaz Dakwah Islamiyyah Yayasan Islam Al-Qolam, Bekasi


1 komentar:

  1. Subhanallah, semoga surga menjadi tempat beliau. amin, http://transparan.id

    BalasHapus